Salah satu manfaat vanili yang sudah kita tahu adalah memberikan cita rasa nikmat pada setiap makanan atau minuman. Tapi, tahukah anda manfaat vanili lainnya ? Tahukah anda asal mula vanilla ?

Vanili atau dikenal juga dengan nama vanila. Tanaman ini berasal dari daerah yang bernama Panili atau Pernili. Vanili pertama kali dikenal oleh orang – orang Indian di Meksiko. Sumber lain menyebutkan bahwa tanaman berbentuk seperti kacang polong ini pertama dibudidayakan oleh masyarakat Aztec Mesoamerika dan menggunakannya sebagai bumbu utama untuk minuman cokelat. Masyarakat pada saat itu menyebutnya dengan nama Tlilxochitl. Vanili dibawa oleh Hernan Cortes ke Eropa.

Kata vanilla sendiri berasal dari Bahasa Spanyol, yaitu Vaina, yang berarti “Polong”. Dalam klasifikasi ilmiah, vanila termasuk dalam kerajaan Plantae, Divisi Magnoliophyta dengan kelas Liliopsida dan Ordo Orchidales.

Tanaman ini biasanya tumbuh menempel pada tanama lain atau tiang yang sudah disediakan sebelumnya. Panjang rata – rata batang tanaman ini adalah 15 cm, sedanagkan daunnya memiliki panjang antara 10 hingga 25 cm dan lebar 5 – 7 m dengan bentuk pipih, berdaging, sedikit lonjong seperti telor bulat yang dipipihkan. Daun vanilin merupakan jenis daun tunggal. Letak mereka biasanya saling berselang seling.

Rangkaian bunga vanila termasuk dalam jenis bunga tandan, yaitu sekelompok kuntum bunga yang terangkai pada satu ibu tangkai bunga. Pada bunga vanilin rangkaian bunga ini terdiri dari 15 sampai 20 bunga. Bunga vanilin keluar dari ketiak daun bagian ujung batang. Bentuk bunganya duduk dengan warna hijau-kebiruan dan panjang 4 hingga 8 cm serta memiliki aroma harum yang sangat nikmat. Bunga vanilin itu sendiri terdiri dari 6 daun yang terletak dalam 2 lingkaran.

Bunga vanilin yang telah mekar hanya dapat bertahan satu hari. Jika bunga tidak segera dikawinkan, maka akan layu kemudian rontok. Oleh karena itu, para petani bunga vanila harus sering keliling kebun untuk memeriksa perkembangan vanila yang ia tanam.

Bunga vanila sangat baik dikawinkan pada pagi hari. Hasil penyerbukan ini dapat terlihat setelah 3 hingga 4 hari. Bunga yang berhasil diserbuki akan berubah warnanya menjadi lebih pucat. Pada saat bunga mekar, Panjang bakal buah 2 hingga 4 cm dengan garis tengah 5 mm. satu minggu setelah penyerbukan bakal buah itu dapat mencapai panjang 8 sampai 10 cm. lima minggu kemudian buah telah mencapai Panjang maksimal 20-25 cm dengan diameter 1,5 cm. setelah buah mencapai perkembangan maksimal, maka 5-6 bulan kemudian buah akan masak. Buah yang telah masak ini berwarna cokelat tua. Jika dibiarkan masak di pohon, maka buah akan pecah menjadi 2 bagian yang dapat menyebarkan aroma vanila. Biji buah kecil – kecil dengan jumlah yang sangat banyak dan berwarna hitam dengan ukuran kira – kira 0,2 mm.

Awal mulanya memang tanaman ini digunakan untuk membangkitkan cita rasa makanan atau minuman. Namun, sebenarnya vanilin memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan kita, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Menyehatkan jantung.

Zat yang ada di dalam vanilin telah terbukti dpaat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol dalam tubuh yang rendah dapat mencegah aterosklerosis, pembengkakan arteri dan pembekuan darah.

  • Mencegah jerawat.

Vanilin memiliki sifat antibakteri dan anti oksidan, sehingga mampu melawan jerawat, menghilangkan infeksi yang ada karena jerawat dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

  • Memperkuat rambut.

Vanilin mengandung vitamin A, B, E, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh rambut. Ditambah lagi dengan zat yang memiliki fungsi yang sama untuk mencegah pembekuan darah, sehingga dapat melancarkan peredaran darah dan menguatkan akar rambut.

  • Mencegah kanker.

Antioksidan dalam vanila tergolong tinggi, sehingga sangat efektif untuk mencegah efek buruk radikal bebas, seperti kanker dan penyakit kronis.

  • Pengusir nyamuk.

Vanila memiliki aroma manis yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Anda dapat mencampurkannya dengan baby lotion dengan perbandingan 1 banding 10 atau melarutkannya dalam air. Kurang praktis ya ?. Sekarang, anda tidak perlu repot lagi menggunakan perbandingan tersebut karena ilmuwan di laboratorium Para’kito telah menemukan pellet Para’kito yang menggunakan vanilin sebagai salah satu bahan produksinya. Kini, anda hanya perlu menyematkan pellet Para’kito ke dalam gelang anti nyamuk Para’kito. Inilah salah satu manfaat vanili yang menguntungkan anda.

REFERENSI :

http://www.tanobat.com/tanaman-vanili-ciri-tanaman-kandungan-zat-khasiat-dan-manfaatnya.html