Protein merupakan suatu senyawa organic komplek yang terdiri dari asam amino yang dihubungkan dengan ikatan peptide. Molekul ini berperan penting dalam pembentukan struktur, fungsi, regulasi sel-sel makhluk hidup dan virus. Tentu saja protein memiliki banyak fungsi dan manfaat juga bagi perkembangan tubuh kita.

Nah, kali ini kita akan membahas apa saja sih fungsi-fungsi protein bagi tubuh kita?

  • Perbaikan dan pertumbuhan

Protein sering kali disebut dengan pondasi/ zat pembangunan dalam tubuh manusia. Bagaimana tidak? Protein lah yang berperan aktif dalam pemeliharaan jaringan tubuh, mulai dari rambut, kulit, otot, mata, dan lain sebagainya. Untuk itu, protein sangatlah dibutuhkan oleh anak-anak. Ibu-ibu hamil juga wajib mengonsumsi banyak protein agar janin yang dikandungnya dapat tumbuh sehat dan lahir sempurna.

  • Sebagai pembentuk antibodi/ kebal

Zat protein dalam tubuh tentu tidak akan berdiam diri saja menyaksikan tubuh diserang oleh virus maupun bakteri. Protein inilah yang akan membantu sel antibody dalam tubuh untuk mengidentifikasi dan mengelilingi antigen (virus atau bakteri) agar tetap terkurung sampai pada akhirnya dibasmi oleh sel darah putih.

  • Sebagai sumber energi

Tidak hanya karbohidrat, protein juga dapat digunakan sebagai sumber energi dalam tubuh manusia. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, dapat membantu manusia itu sendiri untuk merawat jaringan dan fungsi tubuh lainnya. Selain itu, protein berlebih pada tubuh akan dikonversi menjadi lemak dan menjadi sumber energi cadangan untuk tubuh.

  • Membantu metabolisme tubuh

Salah satu fungsi protein adalah untuk membantu mengatur metabolisme pada tubuh. Protein digunakan untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh dengan asam basa sehingga akan menciptakan kestabilan PH cairan pada tubuh kita.

  • Memfasilitasi reaksi kimia

Protein mampu mengikat hemoglobin dan mengangkut oksigen dari dalam darah. Proses yang biasanya terjadi adalah hemoglobin awalnya mengambil oksigen dari pari-paru, kemudian sel darah merah bergerak mengelilingi tubuh. Hemoglobin pula yang kemudian melepaskan oksigen ke sel jaringan tubuh manusia.

Nah, sekarang ketika kita telah mengetahui berbagai fungsi protein, tentu kita akan semakin aware untuk mengonsumsinya lebih. Makanan yang mengandung protein dapat ditemukan pada kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, kacang polong, kacang mete, dan lain-lain (ini merupakan protein nabati). Sedangkan protein hewani dapat ditemukan pada daging-dagingan (daging sapi, kambing, kerbau, ayam, bebek), segala jenis olahan susu (susu sapi, susu kambing), dan telur.

Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi banyak makanan yang mengandung protein ya peeps!

Referensi:

https://mediskus.com/nutrisi/fungsi-protein-bagi-tubuh

http://www.idmedis.com/2014/11/protein-definisi-fungsi-sumber-dan.html

http://uraiansehat.com/fungsi-protein-bagi-tubuh/