Tren Diet kini menjadi semakin populer seiring dengan berkembangnya gaya hidup sehat dikalangan masyarakat. Banyak orang, khususnya di Indonesia yang berasumsi bahwa diet adalah upaya seseorang untuk menurunkan berat badan atau mengatur asupan gizi tertentu agar mereka bisa mendapatkan bentuk tubuh idaman mereka. Umumnya mereka mendambakan bentuk tubuh yang ideal agar percaya diri mereka selalu tumbuh dimanapun mereka berada.

Memang benar bahwa diet dapat menurunkan berat badan, namun diet sendiri mencakup hal yang lebih luas daripada hanya sekedar menurunkan berat badan seseorang. Jadi, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan diet?

Diet menurut para ahli memiliki definisi sebagai aktivitas pengaturan pola makan, baik porsi, ukuran maupun kandungan gizi. Jenis diet juga sangat dipengaruhi oleh latar belakang asal individu atau keyakinan yang dianut masyarakat tertentu yang membuat diet menjadi sesuatu yang sangat subjektif bagi masyarakat.

Dalam pekembangannya, diet dalam konteks upaya mengatur asupan nutrisi dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Menurunkan Berat Badan

Pada umumnya diet ini dilakukan oleh wanita yang ingin mencapai bentuk badan terbaiknya. Dalam bidang pekerjaan, diet menurunkan berat badan ini dilakukan oleh model atau aktris yang ingin menjaga penampilannya.

Meningkatkan Berat Badan

Diet meningkatkan berat badan ini pada umumnya dilakukan oleh olahragawan atau atlet binaraga yang ingin meningkatkan massa otot.

Pantang

Orang yang menjalani pantang tidak akan mengkonsumsi makanan tertentu. Pantang biasanya dilakukan oleh orang yang memiliki penyakit seperti diabetes yang akan menghindari glukosa dan kalori yang tinggi dan kolesterol yang akan menghindari lemak transfat, Selain itu ada juga orang yang melakukan pantangan karena mereka tidak mengkonsumsi produk makanan tertentu seperti produk hewani. Contohnya saja seperti pantangan untuk mengkonsumsi sapi yang dilakukan oleh penganut agama Hindu dengan alasan bahwa sapi dianggap sebagai hewan suci disana. 

Jadi sekarang sudah tahu kan diet itu apa? Jalani pola makan sesuai dengan kebutuhan asupan anda ya!